Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » All Categories » Tips Merawat Gitar Kesayangan

Tips Merawat Gitar Kesayangan

(475 Views) June 22, 2021 12:50 am | Published by | No comment
Ikuti
tips cara merawat gitar

Cara Merawat Gitar akustik

BikinLagi – Gitar merupakan alat musik yang paling banyak di gemari oleh banyak kalangan. Sebagai teman kumpul kumpul dengan sahabat, keluarga ataupun gebetan. Jenis yang paling sering di pakai dikala senggang atau teman santai yaitu gitar akustik atau gitar tabung. Harganya pun bermacam macam tergantung dari merek dan juga bahan, dari yang harganya ratusan ribu rupiah sampai dengan harga jutaan rupiah.

Jenis dari gitar akustikpun bermacam macam mulai dari segi ukuran ada yang kecil sampai besar, ada yang memiliki 3 senar sampai 12 senar. Setiap jenisnya pun memiliki nama masing masing.

Ada beberapa orang yang bilang nongkrong dak asik kalau tidak ada gitar. Dengan gitar bisa bernyanyi bersama sama sehingga merubah suasana dari yang biasa aja berubah menjadi seru dan penuh canda tawa.

Baca Juga : Musisi Kena Kasus Narkoba

Tetapi ada hal yang tidak semua orang paham tentang bagaimana cara merawat gitar kesayangan agar awet. Cara kita merawat gitar juga sangat berpengaruh dari umur gitar itu sendiri. Kalau kita tidak bisa merawatnya gitar bisa bermasalah mulai dari karatan, bisa karatan dari senarnya sampai part partnya, tabung gitar di makan rayap sehingga bisa merubah suara gitar itu sendiri, sampai neck gitar melengkung atau bengkong. Lalu bagaimana cara kita merawatnya agar gitar kita lebih awet?. Berikut tips agar Gitar kesayanganmu awet :

1. Kendorkan senar setelah di gunakan.

Hal ini terkadang banyak yang tidak menyadarinya. Biasanya setelah di pakai langsung di geletakkan saja. Jika ini berlanjut neck akan berubah selain itu tekstur atau bentuk gitar juga berubah sehingga membuat suara yang di keluarkan akan berubah. Bukan hanya itu, apabila neck melengkun maka akan sulit di mainnkan karena akan semakin jauh jarak senar ke neck.

2. Berhati hati saat memegang dan hindari benturan

Jangan sampai gitar terkena benturan maka berhati hatilah dalam memegang atau menaruhnya karena kalau sampai terbentur body gitar bisa lecet atupun merubah bentuk body gitar yang sampai bisa mengakibatkan berubahnya suara gitar atau mengurangi kualitas suaranya.

3. Simpan di tempat dengan suhu dan kelembaban yang ideal

Sebelum itu pastikan benaar dal posisi menyimpan. Jangan menyimpan gitar posisi seperti penyangga ke arah tembok, kalaupun darurat posisikan tengkurap saat di sender ke tembok. Baiknya simpan posisi tidur, untuk akustik bisa di bungkus dengan tas terlebih dahulu atau penyimpanannya di gantung. Lalu berapa suhu idealnya?, suhu idealnya yaitu berkisar 15’ – 28’ Celcius, menjaga lem tidak mencair. Untuk suhu kelembabannya antara 35% – 55 % agar kayu tidak menyusut.

4. Bersihkan senar / ganti secara berkala

Bersihkan senar dengan kain lembut dan kering. Gitar yang habis di pakai tentu senar akan kotor kena tangan bisa karena bekas pegang sesuatu atau kena keringat, hal itu bisa membuat senar mudah berkarat sampai senar bisa mati. Setelah di lap bisa juga di tambahin dengan pembersih string gitar. Saat ini sudah banyak yang menjual pembersih gitar, dari yang minyak pembersih sampai yang bentuk kuas yang sudah ada pembersihnya sehingga tinggal di oles atau ratakan. Selain itu pilihlah ukuran senar yang cocok untuk gitarmu karena ada senar yang ukuran kecil atau tipis sampai tebal.

Baca Juga : Musisi Jadi Komisaris

No comment for Tips Merawat Gitar Kesayangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *